On Februari 18, 2019 by Acis lumbuk in
Trik Memelihara Ban Mobil Supaya Tak Mudah Aus – Hallo … Kembali lagi bersama Om James disini. Pada peluang hari ini Om James bakal mengulas sebuah topik tentang trik memelihara ban mobil supaya tak mudah aus.

Tips Merawat Ban Mobil Agar Tidak Mudah Aus

Sebelum masuk kedalam pembahasan, semacam biasa Om James bakal memberbagi berbagai penjelasan tentang kenapa ban mobil adalah salah satu komponen paling penting pada kendaraan? serta juga manfaat – manfaat dari ban mobil itu sendiri. Yuk simak selengkapnya dibawah.

Manfaat dari Ban Mobil

Kenapa ban mobil tergolong kedalam salah satu komponen paling penting pada sebuah kendaraan? Jawabannya adalah, sebab ban mobil adalah satu – satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal jalan. Dengan begitu, semua fitur kendaraan, dari mulai keenjoyan, keamanan hingga dengan kemampuan mesin bakal dipengaruhi sepenuh oleh ban mobil.

James bakal memberbagi berbagai manfaat yang sangat familiar aja untuk kalian. Berikut ini manfaat dari ban mobil :
1. Menyangga beban
Manfaat yang pertama yaitu menyangga alias menopang seluruh berat kendaraan. Seluruh disini Om James artikan sebagai berat kendaraan + penumpang + barang bawaan lainnya.

2. Memaksimalkan manfaat alias system pengereman mobil
Nah, untuk manfaat yang kedua ini, Om James bakal sedikit memberbagi trik dalam memilih ban mobil. Supaya pengereman mobil menjadi lebih maksimal, Om James sarankan kamu memilih ban mobil dengan daya cengkram yang sangat baik.
Kenapa? Sebab, terus baik daya cengkram yang dimiliki ban tersebut, maka terus baik pula system pengereman yang dihasilkan oleh kendaraan.

3. Manfaat Steer
Ban mobil juga bakal sangat berpengaruh terhadap manfaat steer serta kontrol kendaraan. Kenapa? Sebab ban mobil adalah satu satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal jalan.

4. Meredam Getaran dari Permukaan Jalan
Nah, ini yang membikin keenjoyan mobil bergantung dengan ban mobil.
Berikut Ini Trik Memelihara Ban Mobil Supaya Tak Cepat Aus alias Rusak
trik memelihara ban mobil supaya tak cepat aus

Mempunyai ban mobil yang bisa dipakai hingga batas waktu maksimal adalah sebuahfaktor yang sangat – sangat jarang ditemukan. Kecuali apabila mobil tersebut jarang dipakai alias dipakai hanya untuk jarak yang tak jauh.

Nah, sebab menjaga ban mobil supaya sanggup dipakai hingga batas waktu yang maksimal tak lah mudah, maka pada peluang hari ini Om James bakal memberbagi trik memelihara ban mobil supaya tak cepat aus serta sanggup dipakai hingga dengan batas maksimal pemakaian ban tersebut.

Berikut trik memelihara ban mobil:

1. Mengecek Tekanan Angin
Mengecek tekanan angin benar-benar penting bagi kendaraan. Sebab, tekanan angin yang pas bakal sangat mempengaruhi kemampuan dari kendaraan itu sendiri. Tidak hanya kemampuan berikut berbagai efek dari menjaga tekanan angin ban mobil :
Mencegah kerusakan ban mobil.
Mampu Menopang Beban dengan maksimal
Kontak ban mobil menjadi lebih Rata serta,
Membikin umur ban mobil menjadi lebih Tahan Lama

2. Tambah Tekanan Angin Ban
Apabila nyatanya seusai diperiksa ban mobil kamu mempunyai tekanan angin yang tak tidak lebih alias kelebihan, maka faktor yang wajib kamu perbuat yaitu meningkatkan alias mengurangi tekanan angin tersebut. Untuk meningkatkan alias mengurangi tekanan angin ban mobil berikut berbagai trik :
Isi ban mobil dengan memakai Nitrogen N2
Isi ban mobil cadangan lebih tinggi tekanannya.
Periksa ban mobil setiap 2 minggu sekali.
Untuk keadaan yang medesak bisa memakai angin biasa, tetapi segera diganti dengan angin Nitrogen supaya berkendara lebih aman.

3. Meperbuat Rotasi Pada Ban Mobil
Rotasi sendiri adalah salah satu perawatan ban mobil yang bermanfaat untuk membenahi ban mobil yang mengalami keausan tak merata.

Keausan yang tak merata ini bisa dikarenakan oleh berbagai hal, salah satu contohnya yaitu sebab mobil alias kendaraan jarang meperbuat spooring.

Contoh lain yaitu pada mobil penggereak roda depan. Biasanya, pada mobil penggerak roda depan, ban mobil yang mudah aus yaitu ban mobil dibagian depan. Nah, untuk memperbaikinya kamu bisa meperbuat rotasi. Bagaimana caranya?

4. Meperbuat Service Balancing
Service yang satu ini adalah service kendaraan yang biasanya bisa kamu bisakan GRATIS setiap pembelian ban mobil. Service Balancing sendiri adalah service yang diperbuat untuk menstabilkan putaran ban mobil.
Dengan meningkatkankan pemberat (besi tempel) pada velg mobil, ban menjadi lebih stabil serta tentunya bakal meningkatkan keenjoyan kamu ketika berkendara.
Service balancing ini bisa kamu perbuat setiap 7.000km – 10.000km sekali.
Untuk pemakaian pada kecepatan tinggi, ada baiknya perbuat Rotasi ban mobil setiap 5.000km sekali.

10 Manfaat dari Balancing Ban Mobil:

  • Meningkatkan keenjoyan dalam berkendara.
  • Memaksimalkan umur ban mobil.
  • Menghemat pemakaian bahan bakar kendaraan.
  • Menghindari keausan ban mobil yang tak merata.
  • Memberbagi efek yang lebih stabil pada manfaat stir.
  • Feedback kemudi menjadi lebih baik, alias posisi kemudi menjadi lebih mudah kembali seusai berbelok.
  • Menghapus suara “berdecit” pada ban ketika berbelok.
  • Menyelaraskan kelurusan roda kemudi.
  • Meningkatkan stabilitas kendaraan.
  • Menjaga ketahan lamaan kaki – kaki mobil.


5. Meperbuat Service Spooring
Manfaat dari Spooring adalah mengembalikan settingan keempat roda terhadap settingan awal, supaya sesuai dengan angka yang dianjurkan oleh pabrikan pembuat mobil tersebut.

Dengan kata lain, spooring diperbuat untuk meluruskan kembali posisi keempat ban mobil, supaya kembali lurus sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh si pembuat mobil.

Service Spooring sendiri baik diperbuat setiap 6 bulan sekali alias setiap 10.000km sekali.