On Februari 24, 2019 by Acis lumbuk in
Kelinci adalah fauna mamalia yang digolongkan ke dalam keluarga Leporidae. Pada mulanya ia nasib dengan cara liar khususnya di dataran benua Eropa dan juga Afrika. Namun kini persebarannya mulai merata di seluruh dunia. Tidak hanya nasib dengan cara liar, saat ini kelinci telah dibudidayakan dengan cara serius sebagai fauna ternak sebab industri dengan bahan baku kelinci telah merambah semua segmen tergolong kuliner, farmasi dan bahkan kosmetika. Tidak hanya dibudidayakan untuk kepentingan ekonomi, kelinci juga terkenal dijadikan fauna peliharaan. Bentuknya yang lucu, bulunya yang lembut dan temperamennya yang cenderung jinak terbukti dapat membikin siapapun jatuh cinta. Kamu berminat? Baiknya sebelum mengangkat pulang kelinci ke rumah Anda, cermati tutorial merawat kelinci yang baik dan benar. Berikut uraian singkatnya.

Cara Memelihara Kelinci

Siapkan Kandang Yang Baik
Hal pertama yang patut diperhatikan saat hendak merawat kelinci adalah kandang kelinci. Pada dasarnya, kelinci dapat dilepas di alam leluasa bakal namun sangat sulit untuk menjamin keselamatannya. Oleh sebab itu, kehadiran kandang sangat diperlukan. Kandang kelinci paling baik adalah kandang dengan ukuran yang besar dan tidak membatasi gerak dari sang kelinci. Sebaiknya, kandang tidak dibangun dalam kondisi bertingkat. Alasannya sebab dua hal. Pertama, kelinci adalah fauna yang takut pada ketinggian. Kandang bertingkat bakal membikin ia tidak lebih enjoy. Kedua, kandang kelinci yang bertingkat bakal membikin kotorannya menumpuk dan bukan tidak mungkin bakal tentang wadah makanan dan minuman yang terletak di tingkat bawah. Apabila Kamu terbukti tidak dapat menghindari kondisi kandang bertingkat, masih usahakan kandang maksimal berjumlah 2 tingkat saja.

Hal lain yang harus diperhatikan terkait kandang adalah sirkulasi udara dan kebersihannya. Sebaiknya, kandang kelinci terbuat dari aluminium jauh lebih baik dibandingkan kandang yang terbuat dari kayu. Khususnya apabila Kamu menempatkan kandang tersebut di luar rumah. Penempatan kandang juga adalah faktor yang tidak luput dari perhatian. Jangan tempatkan kandang di tempat yang rawan tergenang air. Sebab faktor tersebut bakal mengajak penyakit bagi kelinci. Terbaru, pastikan Kamu membersihkan kandang kelinci minimal sekali dalam seminggu. Kelinci tidak sama dengan babi yang dapat nasib sekandang dengan kotorannya. Ia juga tidak sepandai kucing yang piawai mengubur kotorannya. Jadi, kesigapan Kamu utama diperlukan!

Pilih Makanan Kelinci Paling baik
Seusai kandang siap, faktor lain yang harus diperhatikan adalah pakan kelinci. Di pet shop dan toko fauna lainnya, dengan mudah Kamu dapat memperoleh pellet kelinci. Harganya variatif dengan nilai yang juga variatif. Walau demikian, pemberian pellet juga harus dibarengi dengan makanan alamiah untuk menghindari kebosanan si kelinci lucu. Adapun makanan yang baik diberbagi terhadap kelinci antara lain wortel, sayuran hijau (semacam kangkung, daun ketela, daun pepaya dan lain-lain), rumput hijau, jerami, umbi-umbian, biji-bijian dan lain-lain.

Cara merawat kelinci khususnya dalam faktor pakan, agak tidak sama dengan binatang lainnya. Hindari memberi komponen sayuran dalam kondisi segar sebab getah pada tanaman tersebut bakal berpengaruh kurang baik pada pencernaan kelinci. Oleh sebab itu, beri sayuran yang telah dalam kondisi layu terhadap kelinci Anda. Tidak hanya makanan, keterdapatn minuman yang bersih juga penting bagi kelinci. Tidak sedikit yang berbicara fauna ini tidak memerlukan air sebab pasokan cairannya bersumber dari makanan yang ia konsumsi. Faktor ini salah, kelinci masih membutuhkan air bersih. Jadi, sediakan botol minuman dalam kandangnya

Hal lain yang juga harus masuk dalam daftar perhatian Kamu adalah penyakit pada kelinci. Faktor ini masuk ke dalam zona serius sebab penyakit pada kelinci berpotensi pada kematian. Adapun tipe penyakit yang tidak jarang menyerang kelinci antara lain kudis,  kembung, kangker telinga sembeli, berak darah, dan lain-lain. Biasanya penyakit ini dipicu kandang yang tidak lebih bersih dan juga makanan yang tidak lebih baik. Sehingga perbaiki nilai kandang dan juga makanan bakal menolong kelinci Kamu masih sehat dan lucu. Bagaimana, tutorial merawat kelinci lumayan mudah bukan? Selamat mencoba ya!