On Februari 18, 2019 by Acis lumbuk in
Musim hujan kembali tiba, menjadi tanda bahwa bakal tiba pula kondisi malam yang dingin pasca diguyur hujan. Hawa yang dingin membikin kami hanya ingin berdiam diri di rumah dan bermalas-malsan di atas kasur. Tidak melulu bergumul dengan guling dan selimut, ada kalanya kami butuh juga berkumpul bersama kawan alias keluarga sambil menyeruput minuman hangat.

10 Jenis Minuman Hangat yang Cocok Diseruput Saat Musim Hujan

10 Tipe Minuman Hangat yang Tepat Diseruput Saat Musim Hujan
Minuman hangat di Indonesia dikenal sebagai wedang, terbuat dari ragam rempah-rempah alias herbal yang menyehatkan tubuh. Tidak hanya untuk menghangatkan tubuh, wedang juga kerap dikonsumsi untuk menanggulangi flu, batuk, dan masuk angin. Tidak hanya wedang, lantas apa saja minuman yang bisa menghangatkan tubuh?

1. Wedang Uwuh
Minuman hangat yang pertama ini adalah salah satu kuliner khas Yogyakarta, loh. Apabila dilihat dari desainnya, terbukti sama dengan bir pletok asal Betawi. Tetapi, bedanya wedang uwuh disaapabilan tanpa disaring. Rempah-rempah dan daun batangan yang ikut disaapabilan di dalamnya pun tampak semacam uwuh yang berarti sampah. Biasanya minuman ini dipasarkan di angkringan.

2. Bir Pletok
Bir pletok ini bukanlah minuman beralkohol, ya. Melainkan minuman hangat yang terbuat dari beragam rempah-rempah semacam jahe, cengkeh, biji pala, lada, sereh, kapulaga, kayu manis, daun pandan, daun jeruk, dan gula. Bir pletok sendiri adalah khas dari Betawi, tidak hanya bisa mengolahnya sendiri, kalian juga bisa menemukannya dalam versi kemasan, jadi kmau tinggal seduh aja deh.

3. Bajigur
Minuman khas dari Sunda ini terbuat dari aren, kopi, dan santan. Biasanya bajigur dijajakan di gerobak kaki lima. Minuman hangat ini sangat tepat diseruput saat musim hujan tiba. Biasanya tukang bajigur juga menjual minuman bendrek, kacang, singkok, ubi, dan pisang rebus dan jajanan ringan lainnya.

4. Bandrek
Bandrek alias bisa dibilang ‘wedang jahenya’ orang Sunda. Bandrek juga terbuat dari jahe dan gula merah. Hanya saja, ada tambahan rempah lainnya semacam serai, merica, pandan dan telur ayam kampung. Jadi ada sensasi pedas di mulut. Makin mantap ketika dinikmati bersama dengan gorengan hangat.

5. Angsle
Minuman hangat alias wedang khas Malang ini adalah kawan kekal dari ronde. Di Malang, dua wedang ini seakan tidak bisa terpisahkan dan rutin dipasarkan berdampingan. Hanya saja, angsle mempunyai rasa khas yang tidak sama dengan ronde sebab kuahnya yang terbuat dari santan dengan isian berupa roti, kacang tanah, kacang hijau, petulo, dan mutiara. Rasa manis dengan kuah hangat ini sanggup merubah hawa dingin yang tarasa menjadi lebih hangat.

6. STMJ
Susu, telur, madu dan jahe alias disingkat STMJ adalah minuman penghangat tubuh yang mudah ditemukan dibeberapa tempat di Malang. Adanya rempah semacam jahe pada minuman ini membikinnya langsung menghangatkan tenggorokan dan perut ketika diseruput. Ditambah lagi susu sebagai bahan dasar membikin STMJ tidak hanya menghangatkan saja, tetapi membikin perut menjadi terisi.

7. Teh Talua
Sekilas teh talua ini penyajiannya hampir mirip dengan teh tarik asal Malaysia. Teh talua alias teh telur adalah minuman penghangat yang berasal dari Padang. Biasanya teh ini disaapabilan bersamaan dengan potongan jeruk nipis, dan ada pula yang ditambahkan campuran pinang muda.

8. Wedang Jahe
Wedang penghangat tubuh ini dibangun tanpa ada campuran rempah-rempah lainnya. Lumayan meningkatkankan jahe dan gula merah pada air panas, telah tentu bisa menghangatkan tubuh. Tidak hanya itu, ketika musim penghujan tiba, mengonsumsi wedang jahe bakal menangkal flu dan batuk.

9. Ronde
Ronde adalah minuman khas Jawa yang mempunyai rasa gabungan antara pedas dan manis, khususnya apabila diseruput ketika tetap panas. Sama semacam STMJ, dengan campuran jahe, minuman satu ini telah bisa menghangatkan tubuh. Untuk isiannya terdiri dari kuah jahe, kacang, dan bola-bola ketan berisi gula merah dan menjadi ciri khas tersendiri.

10. Tahwa
Kuah jahe adalah opsi paling tepat untuk menghapus hawa dinign, faktor itu menyebabkan tahwa menjadi salah satu minuman hangat yang tepat diseruput saat musim penghujan tiba. Campuran jahe dan gula merah pada kuah memberbagi citarasa hangat, tidak hanya itu ditambah dengan isian berupa tahu yang lembut dan lumer di mulut. Penjual tahwa dengan sangat mudah kalian temui apabila kalian berkunjung ke kota Malang.